Pengalaman Terkena Phising Pertama Kali

Last updated on 16 Juni 2020 by Arief R

Pengalaman terkena phising yang saya alami terjadi pada awal tahun 2017. Saat itu saya sedang mencari cara menambah gem coc. Dan akhirnya, saya masuk ke generator halaman website.

Karena tidak tahu, jadi saya isi saja semua kotak yang diminta. Bahkan dikotak login email dan password saya isi juga. hemm..

Selang seminggu akun saya hilang, lebih tepatnya tidak bisa diakses karena password nya sudah diganti.

Dalam hati saya “wah.. kenapa ya, padahal saya tidak pernah mengganti password. Tapi ko ada notif anda menggunakan password lama”.

Selanjutnya saya browsing mencari tahu apa penyebabnya. Dalam sebuah artikel “penyebab akun coc hilang“, saya membaca disitu katanya salah satunya disebabkan oleh phising.

Karena penasaran apa sih itu phising, saya memutuskan untuk memperdalam pencarian. Mulai dari pengertian, cara membuat web phising, cara kerja dan pencegahannya.

2 minggu kemudian saya jadi paham masalah phising. Dan untuk memastikan apakah yang saya pelajari benar, saya coba lagi mengisikan data login akun di generator yang sudah menyebabkan akun saya hilang.

Generator palsu berisi hadiah menarik

Disini saya sudah menyiapkan 2 akun baru, kemudian saya akses lagi website generator tersebut. Kalau tidak salah web nya berakhiran .tk tapi depannya saya lupa karena susah dibaca.

Pengalaman terkena phising
ilustrasi

Percobaan pertama saya isi dengan data login akun pertama. Email dan password saya tulis dengan benar.

Dan percobaan kedua, saya isi data akun kedua. Tapi email-nya saya tulis benar dan password nya saya salahkan.

Satu minggu kemudian, saya cek akun saya kembali. Dan hasilnya, akun pertama hilang dan akun kedua masih dapat diakses.

Nah, dari sini ternyata yang saya pelajari benar. Yaitu apabila phising diisi dengan data asal/disalahkan, maka akun kita akan aman. Karena sipembuat phising hanya melihat data yang masuk lalu digunakan untuk login. Apabila datanya asal, ya sudah pasti gagal.

Halaman login yang tidak pada tempatnya

Namanya phising pasti diawali dengan hadiah menarik lalu diarahkan ke halaman login. Halaman ini jika kita isi maka isiannya langsung masuk ke si pembuat phising.

Nah, dulu waktu saya masih oon, saya langsung saja mengisikan data login. Alih-alih senang karena siapa tahu berhasil malah zonk.

Jika diteliti lagi, ciri dari web phising adalah adanya halaman login tidak pada tempatnya. Misal halaman login facebook tapi url/alamat nya di skingratis.cf, kan ga pas.

Seharusnya halaman login fb ya ada di alamat facebook.com, Gmail ya google.com dan seterusnya.

Kesimpulannya kita akan lebih tahu, apabila kita pernah mendapatkan masalah. Seperti halnya saya sendiri yang menjadi paham masalah phising setelah kehilangan akun karena phising.

Karena pernah menjadi korban, saya ingin membagikan tips seputar kejahatan cyber ini di omcyber.com agar tidak ada lagi korban seperti saya.

Ya meskipun saya sendiri suka iseng membuat jebakan phising, tapi saya tidak sampai mengambil alih akun mereka. Hanya sekedar untuk mengasah kemampuan saja hehe.

Lagi pula, sekarang ini banyak sekali tutorial yang membahas pengertian, cara kerja dan pencegahannya. Jadi sangat mudah untuk mempersulit ruang gerak phiser (pembuatan phising).

Baca juga: Cara melihat hasil phising orang lain.

Nah demikianlah pengalaman terkena phising pertama kali saya. Bagaimana dengan kalian? hehe mungkin sedang belajar membuat ya?

Cari saja semua yang kalian butuhkan di omcyber.com saya jamin lengkap.

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial dan terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *