Tips Mencegah Bruteforce di Akun Facebook

Berikut ini adalah tips mencegah bruteforce di akun facebook. Tujuannya tentu saja mengamankan akun agar tidak hack orang lain.

Seperti yang kita tahu bahwa teknik hack akun facebook menggunakan termux adalah bruteforce. Itu artinya apabila ada password yang cocok dengan akun kita, maka akun langsung bisa diambil alih.

Sekarang akan saya bagikan beberapa tips untuk menghindari serangan bruteforce. Saya jamin setelah ini meskipun akun kita diserang dengan alogaritma dari script hack fb termux manapun tidak akan tembus.

Mungkin diantara kalian ada yang mengalami kehilangan akun fb karena teknik ini. Nah, kalau begitu sekarang tambahkan lagi keamanan facebook dengan mengikuti panduan berikut ini.

Cara Mencegah Bruteforce di Akun Facebook

Cara Mencegah Bruteforce di Akun Facebook

Hal yang perlu kalian ingat bahwa bruteforce hanya menyerang pada bagian password. Jadi kunci utamanya adalah mengganti password dengan aturan baru.

Teknik bruteforce juga memiliki alogaritma yang dimana dapat membuat kombinasi password otomatis berdasarkan keadaan akun.

Contoh:

Alogaritma bruteforce “nama akun + tanggal lahir + nama panggilan + 1234“.

Kemudian akun facebook kalian memiliki data sebagai berikut:

Nama = Aldi Taher 
Tanggal lahir = 13 juli 2003 
Nama panggilan = altah

Apabila akun facebook kalian menggunakan kata sandi aldi123, maka akun dapat dibobol dengan mudah.

Kata sandi lainya yang dapat ditembus dengan alogaritma diatas adalah taher1234, altah234, aldi132002, 13072002.

Kalian tahu kenapa bisa begitu?

Hal tersebut karena kata sandi yang digunakan masuk kedalam alogaritma bruteforce. Jadi harus diperhatikan lagi dalam membuat sebuah password ya sobat.

Berikut cara membuat password facebook anti bruteforce

1. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil

Salah satu kelemahan dari bruteforce adalah tidak dapat mendeteksi huruf besar dan kecil. Ini dapat kita manfaatkan dengan cara menyisipkan beberapa huruf besar kedalam kombinasi password.

Contoh:

AlDi123, TaHer1234

Meskipun password tersebut masuk kedalam alogaritma bruteforce tapi tetap tidak akan bisa ditembus.

Alasannya facebook tidak akan menerima (login) meskipun kata dalam password sama. Padahal berbeda penggunaan huruf besar dan kecilnya.

2. Tambahkan simbol atau karakter unik

Simbol atau karakter yang dapat digunakan contohnya seperti !@#%& atau kalian dapat menambahkan sendiri.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan bruteforce, tidak ada alogaritma yang mencantumkan simbol. Jadi penggunaan simbol dalam kata sandi facebook dapat untuk mencegah bruteforce.

Berikut contoh password yang menggunakan simbol:

Aldi!123, Tah£r123

3. Menggunakan spasi

Ini adalah hasil percobaan saya sendiri. Saya sengaja menambahkan spasi diantara kombinasi password akun facebook. Kemudian menyerangnya dengan bruteforce.

Hasilnya akun tidak dapat ditembus meskipun alogaritmanya sudah tepat.

Penggunaan spasi dapat kalian lihat contoh berikut:

Al di123. Ta her123. Aldi taher123

4. Jangan memasukan nama akun, tanggal lahir dan nama panggilan

Nah, apabila kalian ingin membuat password yang simple dan mudah diingat, maka jangan cantumkan nama akun facebook, tanggal lahir dan nama panggilan.

Meskipun password facebook hanya tehbotol12, tapi karena kata tehbotol tidak ada di data akun facebook otomatis 100% aman dan sulit ditembus.

Tips agar akun facebook lebih aman dari bruteforce attack gunakan saja kombinasi gabungan dari 4 aturan membuat password diatas atau aktifkan authentikasi 2 faktor.

Sudah saya uji coba dengan script dark fb untuk menyerang akun fb (saya) yang menggunakan aturan tersebut. Hasilnya tidak ada kata sandi acakan yang dapat menembus akun fb (saya).

Meskipun akun fb saya menggunakan kata sandi sederhana, tapi sejauh ini masih aman meskipun sering dijadikan sebagai target bruteforce.

Kuncinya adalah harus mengaktifkan authentikasi 2 faktor. Jadi setiap ada aktivitas login harus memasukan kode tambahan yang dikirim facebook melalui sms ke nomer kita.

Hal seperti ini bagi sebagian orang dianggap mempersulit login, karena siapa tahu nomer hilang malah tidak bisa masuk ke akun facebook sendiri.

Tapi demi keamanan saya aktifkan saja dan menjaga nomer yang terkait tetap aktif.

Oke, sekian pembahasan tentang cara menghindari bruteforce di akun facebook. Semoga bisa bermanfaat.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media dan terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *