Cara Mengganti Repository Termux 2024

mengganti repository termux

Apabila aplikasi termux yang kamu gunakan sering mengalami error repository is under maintenance or down, itu artinya kamu perlu mengganti repository termux. Selain untuk mengatasi error, mengganti repo juga dapat mempercepat proses unduh data dari server/host.

Repository pada termux merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan data yang siap diunduh oleh termux. Apabila dalam konteks Android, repository ini seperti google playstore dan termux adalah Androidnya.

Termux sendiri memiliki 2 bagian repository, yaitu mirror group dan single group. Namun, secara default termux mengaplikasikan mirror group.

Mirror Group Repository Termux

Ini adalah repository yang terdiri dari banyak server atau host.

Misalnya 1 mirror group memiliki 5 host. Ketika kita memasang sebuah package, termux akan melakukan ping ke semua host secara berurutan.

Ping pertama akan menunggu respon host yang pertama. Apabila ada respon, termux akan mengunduh data package dan memasangnya. Sedangkan apabila host pertama tidak memberikan respon, termux akan melakukan ping ke host yang kedua.

Begitu seterusnya sampai ada host yang merespon.

Bagaimana jika tidak ada respon dari semua host?

Termux akan menampilkan error repository is under maintenance or down. Kamu harus mengganti mirror group yang lain untuk mengatasinya.

Single Mirror Repository Termux

Single mirror hanya memiliki 1 host atau server.

Jadi ketika host tersebut sedang mengalami masalah, termux akan langsung menampilkan error dengan cepat tanpa melakukan ping ke host lainnya.

Lebih baik mana, group atau single repo?

Menurut saya, single mirror lebih baik karena lebih cepat dalam menampilkan respon.

Bagi kamu yang ingin berpindah dari group ke single, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Mengganti Repository Termux

  1. Jalankan aplikasi termux
  2. Ketik termux-change-repo lalu tekan enter
  3. Pilih opsi single mirror dan tekan ok
  4. Tentukan lokasi host yang kamu inginkan lalu pilih ok
  5. Tunggu proses update repository

Keterangan: untuk memilih opsi gunakan layar sentuh.

Bagi kamu yang bingung ingin memilih lokasi mana, saya merekomendasikan untuk memilih lokasi terdekat. Sebagai contoh saya berada di Indonesia, jadi saya mirror by nevacloud yang lokasi servernya ada di Indonesia.

single mirror repository termux host

Baik, sekian tutorial kali ini. Janga lupa untuk pelajari lagi cara menggunakan termux agar pengetahuan dasarmu semakin berkembang.

Scroll to Top