Cara Menambah dan Menutup Session di Termux

termux session

Apakah kamu tahu apa itu session termux? Saya tebak pasti tidak. Alasanya karena sebagian pengguna termux hanya menjalankan satu proses di terminal utama.

Session termux adalah sebuah jendela atau sesi yang digunakan untuk menjalankan proses lain selain proses utama. Dengan session kita dapat menjalankan 2 atau lebih proses secara bersamaan.

Misalnya, di session pertama kita menjalankan program bot, lalu di session kedua kita menjalankan ping untuk mempercepat koneksi.

Secara bawaan, termux dapat membuka sampai 8 session.

sesi termux maksimal

Lalu bagaimana untuk menambah atau membuka session di termux? Ikuti langkah-langkah berikut.

Menambah Session di Termux

  1. Jalankan aplikasi termux
  2. Pada bagian terminal usap layar dari ujung kiri ke kanan
  3. Kemudian pilih opsi new session pada pop-up yang muncul
  4. Setelah ini kamu akan langsung berpindah ke session yang baru.

Untuk menambah session lainnya, lakukan hal yang sama seperti di atas.

Catatan: apabila kamu baru saja membuka session, kamu akan berpindah ke session 2. Jadi proses yang berjalan sebelumnya akan dialihkan ke latar belakang.

Menutup Session di Termux

Untuk menutup sebuah session di termux, kamu hanya perlu menjalankan perintah exit atau menekan tombol ctrl+d.

Apabila session yang sedang kamu gunakan ditutup, kamu akan berpindah ke session sebelumnya. Sebagai contoh, kamu sedang berada di session 3, lalu kamu menutupnya. Secara otomatis kamu akan berpindah ke session 2.

Kamu dapat memilih session mana yang ingin ditutup dengan cara berpindah ke session tersebut lalu jalankan perintah exit.

Untuk berpindah session, kamu harus mengusap layar terminal dari ujung kiri ke kanan kemudian pilih session mana yang ingin dimasuki.

Tips dan Trik

Perilaku mengusap layar dari ujung kiri ke kanan di terminal termux sebenarnya bertujuan untuk membuka opsi session. Pada opsi tersebut kita dapat membuka sesi baru, melihat jumlah sesi, dan berpindah dari sebuah sesi ke sesi lainnya.

Saat pertama kali kita membuka aplikasi termux, saat itu juga kita sudah membuka session pertama. Dan jika kita menutup session pertama, kita akan keluar dari aplikasi termux. Hal ini karena tidak ada sesi lagi yang dijalankan sehingga aplikasi termux akan tertutup secara otomatis.

Sekian tutorial kali ini. Silahkan masuk ke kategori tutorial termux di website omcyber untuk membaca artikel terkait lainnya. Apabila kamu masih pemula, sebaiknya pelajari cara menggunakan termux terlebih dahulu.

Scroll to Top